Kamis, 21 Mei 2009

INDONESIA BIDIK TUAN RUMAH PIALA DUNIA 2022

Jakarta, BOLASportsLine Sebuah berita mengejutkan dikeluarkan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Tidak ingin ketinggalan dengan negara lain dalam mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia. PSSI akhirnya bergerak dengan mengajukan nama Indonesia sebagai salah saru kandidat host pesta sepakbola dunia itu.

Rencana PSSI itu tidak main-main. Kabarnya proposal pengajukan diri Indonesia untuk tuan rumah Piala Dunia 2018 atau 2022 telah diterima oleh Federasi Sepakbola Dunia (FIFA). Proposal Indonesia bersamaan dengan enam negara lainnya sebelum batas aklhir pada Senin depan.

FIFA juga telah menerima proposal dari Inggris, Jepang, Qatar, Rusia dan tuan rumah bersama Spanyol/Portugal. Sementara itu Australia, Cina, Meksiko ditambah Belanda/Belgia rencananya juga akan mengajukan diri sebelum batas waktu terakhir.

Jika gagal memebus pencalona diri sebgai tuan tumah PD 2018. PSSI akan menatap pencalonan yang lebih pontensial pada PD 2022. Dengan melihat tenggat waktu yang cukup lama maka setidaknya PSSI bisa mempersipkan diri sebaik mungkin guna maju dengan proposal baru yang lebih serius.

"Kita akan melihat rencana ini dalam 13 tahun kedepan. Jadi kenapa kami tidak berani untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah," kata Sekretaris Umum PSSI, Nugraha Besoes usai pertandingan Pra-Piala Asia 2011 antara Indonesia melawan Australia, Rabu (28/1).

Peluang Indonesia untuk mengelar Piala Dunia 2022 cukup terbuka. Dengan adanya peraturan baru FIFA pada tahun 2007 yang tidak memperbolehkan Piala Dunia diadakan di benua yang sama dalam delapan tahun terakhir.

Jika menconba untuk berhitung, Afrika Selatan akan menjadi tuan rumah di tahun 2010 kemudian Brasil empat tahun kemudian. Jika Inggris, Rusia, Spanyol/Portugal dan Belanda/Belgia terpilih sebagai host PD 2014 maka giliran negara Asia berpeluang untuk menjadi tuan rumah pada Piala Dunia 2022.

Indonesia akan bersaing ketat dengan Jepang dan Australia yang juga sangat serius untuk mencalonkan diri. FIFA baru akan mengumumkan tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022 pada bulan Desember 2010 mendatang



Tidak ada komentar: